Senin, 10 Juni 2013

Tips! Mau Yoga atau Jogging Pagi Ini? Inilah Jenis Sarapan yang Cocok!


Mengawali pagi dengan berolahraga memang dapat membuat kita bersemangat sepanjang hari. Namun, jangan melewatkan sarapan. Makanan harus disesuaikan dengan kegiatan olahraga yang akan Anda kerjakan.

Saat bangun tidur, kadar gula darah dan cadangan karbohidrat rendah. Makanya, sarapan sangat penting. Selain membuat otak waspada, sarapan juga menyediakan kebutuhan otot agar optimal saat berolahraga. Inilah empat jenis olahraga berikut sarapan yang sesuai menurut situs Shape:

1. Latihan kardio
Jalan cepat, berlari, atau bersepeda butuh karbohidrat sebagai bahan bakarnya. Yogurt tanpa/rendah lemak yang dicampur dengan oatmeal dan buah kering/segar bisa dikonsumsi sejam sebelum berolahraga untuk menambah energi. Atau blender buah dengan susu atau yogurt agar lebih mudah dicerna.

30 menit setelah berolahraga atau saat mendinginkan tubuh, makanlah beragam makanan berkarbohidrat untuk mengisi ulang cadangan glikogen dan protein untuk memaksimalkan perbaikan otot. Di saat ini, otot seperti spons yang menyerap semua nutrisi hebat tersebut. Contoh menu 100 kalorinya adalah roti gandum utuh yang dilapisi selai kacang tipis serta ditambahkan madu.

2. Latihan beban
Sebelum berangkat ke klub kebugaran,sarapanlah dengan granola, oat, irisan almond, dan kismis atau cranberry kering. Campurkan masing-masing 1/4 cup ke dalam mangkuk berisi susu rendah lemak.

Usai ngegym, konsumsilah 20 gram protein. Makanan ini baik untuk memulai proses pemulihan otot secara cepat. Cobalah 170 gram keju tanpa/rendah lemak, 240 ml Greek yogurt tanpa/rendah lemak, serta 85 gram irisan daging sapi atau ayam panggang.

3. Yoga
Karena yoga tak membakar kalori sebanyak latihan otot atau kardio, menyantap satu buah utuh atau buah potong yang dicampurkan dalam yogurt tawar tanpa/rendah lemak sudah cukup. Makanan ini memberikan karbohidrat dan protein agar tubuh berenergi.

4. Ingin menurunkan berat badan
Untuk mendapat asupan kafein yang tinggi antioksidan dan tanpa kalori, minumlah teh hijau di pagi hari. Santaplah 1-2 butir telur, termasuk bagian kuningnya karena setengah protein yang mengenyangkan terkandung dalam kuning telur. Kunyah juga buah, misalnya apel. Kandungan menu sarapan ini 135-240 kalori, 7-14 gram protein, dan 4,5-8 gram serat. Cukup untuk menyediakan tenaga sampai makan siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar